Antrian warga mengurus data perbahruan kendaraan di samsat kabupaten bekasi
Antrian warga mengurus data perbaharuan kendaraan di samsat kabupaten bekasi

Sebagai warga negara yang baik sangatlah penting untuk selalu taat dalam membayar pajak, karena hal tersebut adalah sebuah kewajiban serta merupakan wujud peran serta kita dalam membangun dan membiayai pembangunan negeri ini. salah satu pajak yang wajib di bayar adalah pajak kendaraan.

Pembayaran pajak kendaraan terbagi menjadi 2: Pajak tahunan dan pajak 5 tahunan. Perbedaan nya adalah, bila pajak tahunan merupakan pajak kendaraan yang di bayarkan untuk memperbaharui data yang ada di STNK dan pajak 5 tahunan adalah pembayaran pajak pada saat ganti plat nomor.

Bagaimana cara melakukan pembayaran pajak tersebut? berikut ulasan untuk pajak tahunan.

Syarat yang diperlukan

  • BPKB
  • STNK
  • KTP (atas nama pemilik)
  • Formulir cek kendaraan
  • Uang tunai sesuai nominal pajak

Cara pembayaran

Di jaman sekarang pembayaran secara online merupakan hal biasa, begitu juga dengan pajak kendaraan, sudah ada aplikasipembayaran melalui E-samsat, tidak perlu antri ataupun keluar rumah, meskipun bisa online namun untuk pengambilan serta pengesahan STNK tetap harus datang ke samsat sesuai wilayah domisili.

Bila ingin melakukan pembayaran secara manual, itupun juga bisa dilakukan, kita harus datang ke Samsat dimana STNK dan BPKB tersebut di keluarkan.

Untuk yang tinggal di kabupaten bekasi bisa datang ke Samsat yang beralamat di: Jl. Industri Pasir Gombong No.4, Pasirgombong, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat 17550


Urutan proses pembayaran

  1. Datang ke samsat sepagi mungkin, pengalaman saya sudah sampai di samsat pukul 7 pagi.
  2. masuk ke pos pertama, akan di beri 1 lembar formulir cek kendaraan untuk di isi (bawa alat tulis sendiri).
  3. Fotocopy BPKB, STNK dan KTP. Sebagai rekomendasi fotocopy sebaiknya di samsat, karena sudah ada petugas fotocopy yang paham betul bagaimanan menyusun berkasnya.
  4. Biaya foto copy Rp. 5000,-
  5. Mengisi formulir cek kendaraan di tempat yang sudah di sediakan. Samsat kabupaten bekasi sudah menerapkan protocol kesehatan dengan pengaturan jarak antar kursi.
  6. Petugas akan mengumpulkan berkas formulir cek kendaraan dengan batas nomer antrian tertentu sesuai kapasitas ruang tunggu di dalam. Nomor antrian sudah tertulis di formulir cek kendaraan.
  7. Antri menuju ruang tunggu, di sini samsat memberikan batas tanda jarak antrian dan chamber disenfectan sebelum masuk ke ruang tunggu dalam.
  8. Cuci tangan, setelah itu petugas akan melakukan pengechekan temperatur tubuh dan stempel di tangan.
  9. Samsat buka pukul 8 pagi, namun untuk pelayanannya di mulai 8.30 WIB
  10. Proses selanjutnya adalah menunggu nama kita di panggil untuk maju ke loket pembayaran, siapkan uang tunai sesuai nominal pajak yang tertera di STNK. (pajak tiap tahun berkurang)
  11. Setelah melakukan pembayaran kita akan mendapatkan 1 lembar tanda bayar, lembar ini di gunakan untuk pengambilan STNK yang sudah di perbaharui.
  12. Tunggu lagi di line antrian pengambilan STNK, waktu tunggu di sini tidak lama.
  13. Setelah dipanggil dan mendapatkan STNK perbaharuan cek identitas di dalamnya serta KTP yang sebelumnya di ambil sebagai verifikasi berkasnya.
  14. Total waktu yang dibutuhkan hanya 13 menit.