“Katak, kentang, semut dan roti…
Katak, kentang, semut dan roti…
Katak, kentang, semut dan roti…
Yeaee…Selesai“

Di suatu sore, pada masa pandemic Covid-19, di masa yang sulit, sebulan menjelang lebaran.

Java bisakah bapak minta sesuatu?, “iya pak, bapak mau minta apa?, sahutnya.
Coba karangkan bapak sebuah lagu. Tadi kita sudah menyanyikan lagu tentang pemadam kebakaran, garuda pancasila dan beberapa lagu dari sekolah. Sekarang bapak request lagu dengan versi rock saint God ya. (versi lagu rock dalam salah satu adegan di film anak).

Baiklah bapak..jawabnya dengan penuh semangat dan antusias.

Dan begitulah, dengan mata yang berbinar, langsung saja Ia bernyanyi dengan suara lantang serta spontan, sangat murni tanpa di buat-buat, mengalir begitu saja.

Melihat dan mendengarkannya bernyanyi, membuat saya terharu.

Anak ini telah banyak menghabiskan tahun-tahun pertamanya di fasilitas kesehatan, dan pada waktu tersebut bapaknya hanya bisa datang untuk melihatnya di hari minggu.

Namun, dengan seiring waktu berjalan, kini Ia telah tumbuh menjadi anak yang cerdas, kritis dan kreatif.


Perpanjangan waktu

Di setip detik yang terasa sempit dan melelahkan, bagi kami orang tua pemula, yang harus memulai segalanya dari minus, yang keduanya harus tetap terjaga dan bekerja dari rumah, dengan segala harapan yang belum terpenuhi, saya menyadari bahwasannya hidup yang terutama di saat ini adalah tentang anak dan keluarga.

Katak, kentang, semut dan roti.

Java CA. April 2020

Tentang lagu yang saya dengarkan pada hari ini, lagu yang sangat sederhana, yang nada dan maknanya entah kemana, semoga menjadi lagu pembuka dalam menjalani sebuah proses panjang dalam mendidik dan membimbing anak-anak, mengingatkan untuk belajar menjadi manusia yang sabar, nrimo dan bersyukur, belajar menjadi bapak yang bijak, bapak yang nantinya menjadi panutan perilaku bagi seluruh keturunannya.

Saya selalu percaya dengan proses kehidupan, tidak pernah ada yang instan di dunia ini, dan bahwasannya waktu yang dibutuhkan pada saat melaksanakannya, sangat berharga, Time waits for no one”.

Semoga bisa selalu memberikan banyak waktu.

Potrait CA. April 2020